Jakarta - 'Habib' Jafar Shodiq, yang menghina Wakil Presiden Ma'ruf Amin dengan sebutan 'babi', ditahan dan kini harus berada di balik jeruji. Semua gara-gara aksinya menyiarkan sendiri ceramah tersebut.

Bareskrim Polri menahan Jafar Shodiq setelah melakukan serangkaian pemeriksaan. Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Argo Yuwono mengatakan penahanan itu berdasarkan subjektivitas penyidik.

"Ya, ditahan," kata Brigjen Argo Yuwono saat dimintai konfirmasi, Jumat (6/12/2019).

Polisi telah mengantongi video pernyataan Jafar Shodiq yang jadi barang bukti. Video momen Jafar Shodiq menghina Ma'ruf ternyata disiarkan sendiri lewat live streaming oleh pria itu di YouTube.

"Jadi barang buktinya ada seperti video yang bersangkutan menyiarkan secara langsung sendiri di channel (YouTube)-nya sendiri. Ini sedang dilakukan proses penyidikan, dan yang bersangkutan sudah ditahan di Bareskrim Polri," ungkap Argo.



Jafar Shodiq dijerat dengan sejumlah pasal KUHP, di antaranya Pasal 156 KUHP tentang ujaran kebencian/penghinaan dan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Kemudian yang pertama adalah sudah memeriksa tersangka, kenapa tersangka? Karena sudah ada barang bukti yang cukup untuk jadi tersangka, yaitu ada laporan polisi, ada keterangan saksi, ada bukti seperti video tersebut," sambungnya.

Sebelumnya, dari video yang beredar luas di media sosial, Habib Jafar awalnya berbicara mengenai sebuah riwayat pada zaman Nabi Musa. Habib Jafar menuturkan ada seseorang yang belajar ilmu agama, namun ilmu tersebut digunakan untuk mengejar urusan dunia.

Atas hal itu, menurut Habib Jafar, Allah SWT menjadikan orang tersebut menjadi babi. Habib Jafar mengatakan Nabi Musa kaget atas hal itu dan berdoa kepada Allah agar mengembalikan babi tersebut menjadi manusia. Barulah Habib Jafar menyinggung ustaz-ustaz bayaran di era sekarang. Dia juga bertanya kepada jemaah mengenai sosok Ma'ruf Amin.

"Maka kalau ada zaman ustaz-ustaz sekarang andaikata ada ustaz-ustaz bayaran, ada ustaz-ustaz target yang di zaman Nabi Muhammad SAW, hidup di zaman Nabi Musa AS sudah berubah menjadi seekor babi," ujar Jafar.

"Berarti ustaz-ustaz bayaran apa? (Dijawab jemaah: babi). Apa? (babi). Apa? (babi). Saya tanya, Ma'ruf Amin babi, bukan? (Dijawab jemaah: babi). Babi, bukan? (babi)," kata Jafar disambut teriakan jemaah