Banyuwangi - Dasar Wahyudi (40) membeli motor dengan uang koin. Aksinya yang viral dan mencuri perhatian itu dilakukan bukan tanpa alasan.

Warga Dusun Krajan, Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung, Banyuwangi itu mengatakan, ada filosofi yang tersirat dari aksinya itu. Ia ingin mengingatkan bahwa uang kecil bisa ditukarkan dengan barang berharga.

"Saya ndak tau jika ini viral. Saya ndak punya HP Android. Makanya saya ndak tau. Soalnya, saat beli itu banyak yang video sama foto. Mungkin Mbak-mbaknya yang kemarin melayani itu yang menyebar itu," ujar Wahyudi saat ditemui detikcom di rumahnya, Selasa (14/1/2020).

Terlepas dari itu, ia sengaja mengumpulkan uang koin agar bisa tetap utuh dan bisa dibelikan motor idamannya. Sebab menurutnya, zaman sekarang anak kecil saja sudah malas dikasih uang koin.


"Sengaja pakai uang koin biar utuh. Kalau uang kertas gampang diambil. Uang kecil ternyata bermakna. Sekarang anak kecil tidak mau dikasih uang kecil. Apalagi jika tercecer di jalan ndak ada yang mau ambil," ujarnya.

Menurutnya, kunci keberhasilannya membeli motor dengan uang koin adalah ketelatenan. Sebab saat mendapatkan uang koin, dirinya tak segan membungkus uang itu dengan rapi. Selain itu, ia pun tak malu saat mengumpulkan uang kecil.

"Saya kumpulkan satu per satu. Saya tidak malu. Sebab dari uang yang kecil akan bisa membeli yang saya inginkan. Banyak yang mengabaikan. Padahal yang satu juta kalau kurang seribu saja bukan satu juta namanya," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, video Wahyudi membeli NMAX di sebuah dealer dengan uang koin viral di media sosial. Ia membawa 6 kaleng uang koin Rp 24.650.000. Sedangkan harga motor impiannya itu Rp 29.397.000. Jadi ia menambah kekurangannya dengan uang kertas.