Poin-poin dalam Buka-bukaan Siwi Widi

Jakarta - Pramugari Garuda IndonesiaSiwi Widi Purwanti, tampil ke depan publik demi menepis tuduhan menjadi gundik. Langkah hukum pun diambil. Selain itu, ada sederet hal yang dipaparkan dalam buka-bukaan itu.

Tudingan-tudingan ini berawal dari cuitan-cuitan akun Twitter @digeeembok pada Desember 2019 lalu. Cuitan itu muncul setelah kasus penyelundupan motor Harley Davidson dan sepeda Brompton di pesawat Garuda Indonesia beberapa waktu lalu. Dalam cuitan tersebut, nama Siwi ditulis sebagai 'Siwi Sidi'.

Akhirnya, Siwi menggandeng pengacara Elza Syarief untuk mengambil langkah hukum. Akun Twitter @digeeembok dipolisikan. Dia melaporkan kasus ini pada 28 Desember 2019 dengan nomor LP/ 8420/ XII/ 2019/ PMJ/ Dit. Reskrimsus dengan tuduhan pencemaran nama baik melalui media sosial Pasal 27 ayat 3 juncto Pasal 43 ayat 3 UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE dan/atau Pasal 310 KUHP dan/atau Pasal 311 KUHP.

Siwi lalu mengadakan jumpa pers bersama Elza Syarief pada Jumat (10/1/2020). Di situ, Elza menunjukkan sejumlah cuitan @digeeembok yang dianggap mencemarkan nama baik Siwi. Berikut bunyi salah satu cuitan @digeeembok yang ditunjukkan Elza: "88. Kalo ARI ASKHARA dirut punya gundik Puteri Ramli. Maka Heri Akhyar gak mau kalah. Doi punya gundik juga bernama Siwi Sidi. #DirutGarudaKancut"

Ada pula hal-hal yang disampaikan oleh Siwi, mulai dari dampak tuduhan itu ke keluarganya hingga jawaban soal tuduhan operasi plastik dan kepemilikan barang mewah.


Berikut poin-poin buka-bukaan Siwi:

1. Bantah Jadi Gundik

Siwi menegaskan bahwa tuduhan dia merupakan gundik salah satu bos Garuda tidak benar. Dia menduga hal ini adalah pengalihan isu.

"Jadi semua pemberitaan dari akun digeeembok itu tidak benar dan saya merasa benar-benar harga diri saya dicoreng dan privasi saya untuk berada di pekerjaan saya seorang pramugari merasa saya tidak nyaman dan keberadaan pemberitaan itu pastinya sangat merugikan diri saya, keluarga saya, dan lingkungan saya," kata Siwi di Elza Syarief Law Office, Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

"Saya kurang paham, mungkin ada pengalihan isu yang saya tidak tahu dan menyeret kasus dari perusahaan itu dan menyeret saya saja," ucapnya.

2. Tudingan Menyakiti Hati Ibu

Siwi pun kemudian bercerita ibundanya yang berada di luar kota pun sampai jatuh sakit karena adanya informasi ini. Suasanya di ruangan seketika menjadi sunyi saat ditanyakan mengenai lokasi pasti keberadaan sang ibu. Mata Siwi pun berkaca-kaca menahan tangis.

"Saya memang sengaja tidak mau mengaitkan (dengan keluarga). Saya berusaha di depan sendiri, saya berusaha mandiri sendiri, tapi saya nggak mau ibaratnya mama saya itu yang sudah besarkan saya dari kecil sendiri. Jadi misalnya ada orang yang menyakiti hatinya saya merasa sakit juga," ungkap Siwi sambil menahan air matanya.

"Apalagi pemberitaan kayak gini saya merasa benar-benar dirugikan, banyak ngejudge ibu saya seperti apa, apalagi diberitakan ibu saya apa di situ, ditambah-tambahin. Bolehlah judge saya, nggak apa-apa, nggak masalah. Tapi nggak usah bawa-bawa keluarga atau lingkungan saya," sambungnya.

3. Dipanggil Garuda

Siwi Widi mengaku sempat dipanggil pihak perusahaan setelah tuduhan sebagai 'gundik' mengemuka. Dia telah memberi penjelasan.

"Isu seperti itu saya pasti klarifikasi. Ada panggilan dari kantor. Saya juga sudah bicara dengan divisi terkait dan juga atasan saya juga sudah mengetahuinya. Saya juga sudah menjelaskan secara detailnya gimana," kata Siwi saat jumpa pers di Elza Syarief Law Office, Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

Siwi mengaku tetap bekerja seperti biasa sebagai pramugari usai tuduhan ini muncul di media sosial. Namun, dia merasa ada sorotan dari penumpang karena foto-fotonya beredar.

"Saya sih tidak pernah merasa dikucilkan atau didiskriminasikan. Pekerjaan saya seperti biasa, tidak ada. Cuma ya memang saya merasa tekanan dari penumpang. Penumpang lebih perhatian terhadap saya atau mungkin sudah ada foto yang tersebar saya sedang bekerja. Seperti itu saja. Merasa tidak nyaman, cuman sama saja. Seperti biasa profesional," ungkapnya.

4. Curiga dengan Orang Dekat

Siwi Widi bicara soal foto dan videonya di Instagram yang tersebar di akun @digeeembok meski akunnya sempat disetting menjadi private account. Dia yakin ada orang di sekitarnya yang menjadi penyebar info.

"Pasti di sekitar saya. Jadi gini, Instagram saya tadinya adalah private account dan private account itu dari lingkungan saya saja. Dan ada foto saya yang pertama yang di Union itu, itu sebenarnya itu pasti screenshot-an dari teman saya atau followers saya sebelumnya," kata Siwi.

"Karena tadinya saya punya akun itu private, nggak ada orang yang nggak saya kenal dan berita-berita itu pasti dari saya sendiri," sambungnya.

Setelah isu ini ramai di media sosial, Siwi akhirnya membuka akun Instagram-nya ke publik. Siwi mengatakan itu sebagai bukti bahwa dia tidak lari.

5. Jawab soal Operasi Plastik dan Barang Mewah

Siwi ditanya soal operasi plastik ini usai jumpa pers. Dia menegaskan tindakannya itu tidak merugikan siapa-siapa.

"Setiap orang ingin cantik loh. Kita kan pribadi dan enggak merugikan orang lain itu aja sih," kata Siwi.

Di Twitter, @digeeembok juga sempat mengunggah video Siwi memegang uang Dolar dalam jumlah banyak hingga foto barang-barang mewah. Ketika dikonfirmasi, Siwi mengatakan dia sudah memiliki gaya hidup demikian sebelum bekerja sebagai pramugari.

"Orang tuh pingin tahu kepribadian saya, saya sudah seperti itu dari dulu saya belum jadi stewardess saya memang dikasih sama pacar saya," ucapnya.

"Enggak ada kaitannya dengan kriminalitas atau profesinya. Saya memang suka jadi pramugari, itu saja," tutup Siwi.



Post a Comment

0 Comments