Tempat Favorit Para Jomblo di Jepang Berdoa Minta Pasangan



Jakarta - Di Jepang ada kuil yang kerap didatangi agar kehidupan asmara lancar. Kuil bernama Izumo Taisha itu amat populer di kalangan para jomblo.

Lokasi kuil Izumo Taisha berada di Kota Izuno, Prefektur Shimane. Kuil ini merupakan kuil penting dan bersejarah di Jepang. Buku catatan sejarah tertua di Jepang yang disebut Kojiki bahkan mencatat eksistensi kuil tersebut.

Selain terkenal sebagai kuil tertua, Izumo Taisha juga merupakan destinasi terbaik jika traveler mengunjungi Shimane. Di kompleks kuil itu, traveler bisa menengok berbagai bangunan bergaya Taisha-zukuri, arsitektur tradisional tertua di Jepang.

Seperti telah disinggung di awal, banyak orang datang ke sini untuk berdoa supaya kehidupan asmaranya lebih baik. Dilansir dari Matcha, kuil ini menjadi tempat pemujaan dewa Okuninushi yang dipercaya berperan dalam membangun Jepang. Dalam kepercayaan Shinto, Okuninushi juga disebut sebagai dewa untuk pernikahan dan hubungan yang baik.

Cara berdoa di sini berbeda dengan kuil lainnya di Jepang. Jika biasanya orang berdoa dengan lebih dulu menepukkan tangan dua kali, di sini pengunjung diminta menepukkan tangan empat kali. Dua tepukan pertama untuk diri sendiri dan dua tepukan berikutnya untuk pasangan saat ini atau di masa depan.

Menurut Gaijinpot, banyak gadis Jepang datang ke kuil ini untuk berdoa memohon dipertemukan dengan calon suaminya kelak. Selain itu, kuil ini juga kerap dijadikan lokasi diselenggarakannya pernikahan. Pada tahun 2014, Putri Noriko yang merupakan bagian keluarga kekaisaran Jepang juga menikah di sana.

Selain berdoa, pengunjung juga bisa menikmati suasana kuil yang nyaman. Pemandangan gunung yang mengelilingi kompleks itu juga semakin menambah keindahannya. Pengunjung akan merasakan atmosfer yang suci dan tenang.

Salah satu spot menarik di kompleks kuil ini adalah tali jerami raksasa yang disebut shimenawa. Shimenawa yang terletak di Aula Kagura di Izumo Taisha ini merupakan yang terpanjang di Jepang. Panjangnya mencapai 13 meter dengan berat 5 ton.

Jika diperhatikan, tali ini menyerupai ular anakonda yang melilit cabang pohon. Fitur kuil tersebut merepresentasikan pemisahan antara dunia fana dan supranatural.

Spot menarik lainnya adalah dua patung kelinci yang lucu. Kelinci menjadi bagian penting dari kuil karena memiliki ikatan dengan Okuninushi. Menurut legenda, Okuninushi pernah menyelamatkan kelinci putih dari serangan hiu.


Kompleks Kuil Izumo Taisha juga masih memiliki beragam bangunan untuk dikunjungi, seperti museum yang memamerkan koleksi pedang dan lonceng perunggu. Traveler juga bisa mengenal sejarah wilayah suci Izumo di sini.




Post a Comment

0 Comments