Rahmat Effendi Merasa Miris Kota Bekasi Dicap 'Sarang Teroris'




Bekasi - Penangkapan sejumlah terduga teroris di wilayah Bekasi membuat Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi merasa prihatin. Dia merasa miris sebab kotanya dicap sebagai 'sarang teroris', padahal penangkapan teroris tak hanya di Kota Bekasi, tetapi juga Kabupaten Bekasi.

"Sama dengan--umpamanya sekarang teroris ada di Bekasi--saya kadang-kadang miris, ini Bekasinya yang mana?. Temen-temen harus memberitakan Kota Bekasi dengan Kabupaten Bekasi, Tambun kabupaten Bekasi, jangan Bekasi aja," kata Pepen di kantor Wali Kota Bekasi, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi (14/10/2019).

"Bekasi itu kalau dicap (sarang teroris, red) ada dua (kota/kabupaten), tolong dilurusin itu, Bekasi bayangin (sarang teroris) kan miris," sambung Pepen.

Meski begitu, Pepen mengakui ada beberapa terduga teroris yang bertempat tinggal di Bekasi. Ia mengaku sulit mengidentifikasi keberadaan teroris di tengah-tengah warga.

"Nah yang alamatnya di sini memang, di kota yang plural ini sulit untuk mengidentifikasi itu," tuturnya.

Mengantisipasi hal ini, Pepen menilai pentingnya memperbarui data penduduk. Penduduk pendatang diwajibkan melapor 1x24 jam.


"Makanya 1x24 jam tamu itu atau updating data berdasarkan RT dan RW itu juga penting, minimal sebulan sekali updating data," ucapnya.

Ia juga mengimbau warga untuk peka dengan lingkungan, terutama ketika ada pendatang baru yang berperilaku 'aneh'.


"Kadang-kadang, ada orang datang lapor, apalagi orang sudah berprilaku aneh didiamkan itu kan kesalahan bersama. Tapi tadi, judge-nya itu Bekasi aduh," tandasnya.

Diketahui sebelumnya, rumah kontrakan tersangka teroris berinisial NAS di Tambun, Kabupaten Bekasi, digeledah oleh Densus 88 pada Minggu (13/10). Di sana, polisi menemukan buku-buku terkait khilafah dan ISIS.


NAS disebut masih terkait dengan Abu Zee yang merupakan pimpinan kelompok JAD Bekasi. NAS juga telah berbaiat kepada pemimpin ISIS, Abu Bakr Al Baghdadi, bersama kelompok Abu Zee.




Post a Comment

0 Comments