Potensi hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia kembali berlanjut hingga tiga hari ke depan (30 Oktober-1 November 2019). Kali ini disertai dengan angin kencang. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) menjelaskan bahwa fenomena cuaca ini disebabkan oleh adanya massa udara basah di lapisan rendah yang terkonsentrasi di sebagian besar Sumatra, Kalimantan bagian utara, Sulawesi bagian tengah, Maluku, Papua dan Papua Barat. 

Sirkulasi siklonik di Selat Malaka mencapai 925/800mb dan di Papua 925/850mb, dengan konvergensi memanjang dari Sumatra Utara hingga Malaysia, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Timur dan di Papua Barat. Alhasil, pada hari ini (30/10/2019) ada potensi hujan lebat di wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kepulauan Riau, Riau, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Barat.

Fenomena yang sama akan terjadi besok (31/10/2019) di Sumatera Barat, Jambi, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Tengah. Sementara lusa (1/11/2019), hujan lebat berpotensi terjadi di Sumatera Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara dan Sulawesi Tengah. 

Untuk hujan lebat disertai angin kencang, berpotensi terjadi pada hari ini (30/10/2019) di Aceh, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jawa Barat, NTB, Kalimantan Timur, Maluku Utara, Maluku dan Papua.

 Besok (31/10/2019), hujan lebat dengan angin kencang berpotensi terjadi di Aceh, Riau , Jawa Barat, NTB, Kalimantan Timur, Maluku Utara, Maluku dan Papua Lusa (1/11/2019), hujan lebat dan angin kencang berpotensi terjadi di Aceh, Riau, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Maluku dan Papua. BMKG pun menghimbau masyarakat yang berada di wilayah dengan hujan lebat disertai angin kencang untuk berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang. Persiapkan juga peralatan antisipasi hujan.