Bawang merupakan bumbu penting dalam setiap jenis masakan. Selain meningkatkan rasa, bawang merah dan putih ternyata juga bisa mengurangi risiko kanker payudara. Manfaat bawang dalam mencegah kanker sebenarnya bukan hal baru. Namun, temuan studi-studi terkini semakin menambah panjang buktinya. 

Dalam penelitian terbaru yang dilakukan tim dari Puerto Rico, tim peneliti berhasil menemukan kaitan antara konsumsi bawang merah dan putih dan kanker payudara. “Kami menemukan di antara wanita Puerto Rico, konsumsi bawang merah dan putih, terkait dengan penurunan risiko kanker payudara sampai 67 persen,” kata ketua peneliti bidang epidemiologi Gauri Desai. 

Puerto Rico dianggap sebagai negara yang tepat untuk penelitian ini karena perempuan di negara itu menognsumsi bawang dalam jumlah cukup besar dibanding wanita di Eropa dan Amerika. 

“ Bawang merah dan putih juga sering dikonsumsi dalam bentuk rebusan, dan juga dalam makanan yang berbahan dasar nasi dan kacang-kacangan,” kata Desai.

Ia menambahkan, angka kejadian kanker payudara di negara tersebut relatif rendah dibanding di Amerika. Bawang memiliki kandungan flavonols dan organosulfar. Kandungan-kandungan tersebut diketahui bersifat karsinogenik pada manusia dan juga hewan percobaan.