Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berniat mengelilingi Jakarta menggunakan sepeda onthel peninggalan ayahnya, Rasyid Baswedan. Menurutnya, sepeda tersebut telah menjadi saksi sejarah perjalanan keluarga.

Niatan Anies itu disampaikan lewat akun Instagram @aniesbaswedan seperti dilihat detikcom Minggu (15/12/2019). Anies mengunggah dua foto dalam satu slide. Foto pertama merupakan foto lawas saat Anies kecil di atas sepeda bersama Ayah dan Ibunya. Dalam caption itu, Anies mengaku sering diajak berkeliling Yogyakarta oleh ayahnya menggunakan sepeda tersebut.

"Foto kiri adalah keseharian di masa kecil. Saat itu, kami tinggal bersama kakek-nenek di Taman Yuwono no 19, jl Dagen. Sepeda Ibu itu dipasangi bangku untuk anak, lalu Ayah ajak saya keliling sekitar Malioboro hingga alun-alun utara Yogya hampir setiap sore," ucap Anies dalam unggahan Instagram pribadinya, seperti dilihat detikcom, Minggu (15/12/2019).

"Buat anak kecil itu jadi pengalaman tak terlupakan. Semasa TK kegiatan jalan-jalan sore ini rutin dikerjakan," ujar Anies.

Lalu, di foto kedua menampilkan foto Anies saat ini memegang sepeda onthel ditemani oleh Ibunya. Sepeda tersebut merupakan sepeda Ayahnya yang dulu dia pakai, sepeda itu merupakan warisan dari sang Kakek.

"Foto kanan adalah sepeda onthel kakek yang lalu dipakai ayah, dan saya pakai juga di tahun pertama kuliah di Yogya.⁣ Dulu ayah dan ibu sehari-hari bersepeda ke kampus jika akan mengajar. Sampai kemudian mereka pindah pakai vespa. Sepeda Ayah lalu dipakai bergantian di rumah. Hingga saya pakai saat awal-awal kuliah. Ketika sudah aktif sekali di kampus, saya pakai vespa ayah untuk kegiatan sehari-hari," kata Anies.

Meski sudah tua, sepeda itu menurut Anies masih layak pakai. Dia juga berencana akan menggunakannya berkeliling Jakarta.

"Setelah saya tinggal di Jakarta, sepeda onthel ini masih tersimpan di rumah Ibu, kemarin ketika pulang ke Yogya dibersihkan dan coba digowes lagi. Sepeda tua ini masih berfungsi baik, hanya perlu diminyaki rantainya," kata Anies.

"Sudah lebih dari 70 tahun sepeda ini bergerak di aspal di Yogya, bagaimana kalau kita bawa keliling di Jakarta? Setuju...?" imbuhnya.