Jakarta - Husen Alatas atau yang dikenal Habib Husein Alatas mencabuli wanita berinisial R (37) dengan modus pengobatan alternatif. Korban sendiri berobat kepada pelaku karena keluhan penyakit yang sudah dideritanya selama setahun.

"Pendarahan rahim," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (20/12/2019).

Korban berobat ke tersangka karena mendapatkan rekomendasi dari beberapa temannya. Di sisi lain, tersangka sudah dikenal sering melakukan pengobatan alternatif.

"Korban dapat informasi dari temannya tempat pengobatan alternatif ini bisa menyembuhkan," katanya.

Hingga akhirnya, pada 26 November 2019, korban menjalani pengobatan kepada tersangka. Korban diobati di dalam sebuah kamar.

Untuk meyakinkan korban, tersangka membacakan doa-doa. Setelah itu, dia menepuk-nepuk pundak korban hingga korban tidak sadarkan diri.

Pada saat korban tidak sadarkan diri, Habib Husein Alatas melakukan aksinya. Saat tersangka melakukan pencabulan, korban tersadar.

"Tapi pada saat (pelaku) melakukan pencabulan tersebut, korban tiba-tiba terbangun dan mengetahui ada kejanggalan di sesuatu dari bagian tubuh diri korban," kata Wakil Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya AKBP Deddy Murti.

Pencabulan terjadi di Desa Ciledug, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, pada 26 November 2019. Korban berobat kepada pelaku dengan harapan sembuh dari penyakitnya yang sudah menahun.

Namun, tanpa diduga, pelaku malah mencabulinya. Setelah kejadian itu, korban melapor ke polisi pada 27 November.

Pelaku ditangkap Tim Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya di bawah pimpinan AKBP Handik Zusen dan AKP Noor Marhgantara pada 16 Desember 2019. Saat ini pelaku telah ditahan di Polda Metro Jaya.