Mulan Jameela Belajar dari Postingan Kacamata



Jakarta - Mulan Jameela mengambil pelajaran berarti di usia hitungan hari sebagai anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra. Unggahan tentang kacamata merek 'Gucci' bikin Mulan Jameela kena tegur lembaga antikorupsi.

Dilantik sebagai legislator pada 1 Oktober 2019, Mulan Jameela menuai kontroversi karena kesalahpahaman soal unggahan kacamata merek 'Gucci'. Dilihat detikcom dari akun @mulanjameela1, pukul 17.23 WIB, Kamis (17/10/2019), tampak ada foto tiga kacamata dengan kartu merek Gucci yang diunggah di akun Mulan. Keterangan 'dikirimi' itulah yang jadi sorotan karena Mulan kini berstatus pejabat negara.

"Bismillahirrahmanirrahim...Terimakasih @jakarta_eyewear ngirim kacamata sebagus ini, buat sahabat onlineku yang lagi cari supplier kacamata termurah. bisa order langsung di @jakarta_eyewear ya...," tulis Mulan di unggahannya.

KPK merespons unggahan Mulan. Komisi antirasuah menyebut jatuhnya seseorang sering berawal dari pintu sederhana seperti ditraktir minum kopi.

"Isu utama dari jatuhnya sesosok rezim atau perorangan itu sering masuk dari pintu yang sesederhana seseorang ditraktir minum Kopi di warung, apalagi kacamata bermerek," ujar Wakil Ketua KPK Saut Situmorang.

Saut mengatakan seorang penyelenggara negara harus jauh dari konflik kepentingan. Saut juga bicara tentang norma dan etika sebagai pejabat publik yang harus diperhatikan oleh seseorang yang sedang menjabat.

Dia mengingatkan aturan bagi seorang pejabat untuk menolak ataupun melaporkan segala pemberian dari pihak lain kepada KPK. Penolakan ataupun pelaporan itu harus dilakukan karena sulit memahami apakah suatu pemberian ke pejabat berkaitan atau tidak dengan posisi sebagai penyelenggara negara.

"Potongan (rabat) atau diskon saja direkomendasikan untuk ditolak atau dilaporkan ketika Anda seorang penyelenggara negara, karena sulit dipahami bahwa pemberian itu tidak ada kaitan dengan posisi Anda sebagai penyelenggara negara. Ya saran saya dilaporkan saja ke KPK," ucap Saut.

Banyak pelajaran dipetik Mulan Jameela setelah ditegur KPK. 

Mulanya, Mulan berterima kasih atas atensi dari Saut Situmorang. Teguran dari KPK dianggap Mulan sebagai masukan yang membangun.

"Saya ucapkan terima kasih untuk Bapak Saut Situmorang selaku Wakil Ketua KPK, sudah memberikan masukan yang sangat positif untuk saya secara pribadi. Dan ini bisa jadi pelajaran untuk semua pihak," kata Mulan Jameela di Instagramnya, Jumat (18/10).

Mulan Jameela telah mengklarifikasi kalau memang ada kesalahan input keterangan di unggahan kacamata merek 'Gucci' itu. Dia mengamini pihaknya juga salah dalam hal ini.

Istri Ahmad Dhani itu berjanji akan menjaga diri dari korupsi.

"Dan insyaallah saya beserta Partai Gerindra akan selalu menjaga kebersihan dari korupsi," sebut Mulan Jameela.

Soal komentar terhadap kacamata Mulan Jameela, Saut Situmorang tidak bermaksud nyinyir. Menurut Saut, Mulan yang kini sudah menjadi wakil rakyat diharapkan bisa berperan dalam membangun bangsa.

"Di masa depan bisa saja Mulan yang sudah jadi tokoh politik wanita nantinya memberikan kontribusi besar dalam membangun Indonesia di masa depan," sebut Saut. 

Post a Comment

0 Comments